Efek Badai Cempaka, Desa Wunung Punya Danau Dadakan

Agung Kurniawan 29 November 2017 17:07:32 WIB

Wunung (29/11/2017) Sebagai akibat dari siklon cempaka atau Badai Tropis Cempaka yang melanda wilayah selatan Pulau Jawa,  sebagaimana diinformasikan oleh Badan Metereologi dan Geofisika,  Desa Wunung sebagai salah satu wilayah di Kecamatan Wonosari,  Kabupaten Gunungkidul,  Yogyakarta  juga mengalami dampak yang luar biasa. 

Selain hujan deras yang disertai angin,  sungai yang berada di bagian barat DesaWunung mengalami kenaikan debet air yang drastis sekali. Hal ini mengakibatkan wilayah di sekitar sungai terendam air.  Ketinggian air sampai saat ini mencapai kurang lebih 67 meter.  Hal ini menjadikan bantaran sungai di Desa Wunung mendadak seperti danau. 

Fenomena ini menjadiperhatian warga. Dengan antusias warga berbondong-bondong ke area sungai untuk melihat fenomena alam yang baru pertama kalinya terjadi ini. Mereka mendatangi wilayah Semurup yang notabene saat ini baru dirintis oleh Pemerintah Desa Wunung melalui Pokdarwis dan Karang Taruna sebagai salah satu obyek wisata di Gunungkidul. Semurup yang merupakan jurang yang dalam,  saat ini terlihat layaknya danau yang luas dan panjang dengan air yang menggenanginya. 

"Ini merupakan fenomena langka.  Baru kali ini saya menemui hal seperti ini selama saya hidup di Desa Wunung.  Belum pernah sungai sampai semurup mengalami genangan air setinggi ini. " ujar salah satu warga yang menyaksikan di atas lokasi Semurup.

Sampai saat ini kondisi air masih belum surut,  apalagi dengan hujan yang masih turun diwayah Desa Wunung.  Diperkirakan butuh waktu lama sampai genangan air surut dan kembali seperti semula. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Wunung

tampilkan dalam peta lebih besar